Feeds:
Posts
Comments

Hey! Ini adalah cara membuat Blue Ray Disc ato CD Blue Ray.. Simak baik-baik yaaa ๐Ÿ˜€

Pertama-tama semuanya tuh bermula dari ini nih..

Tau gak ini apa? Ini adalah beberapa kumpulan dari Polycarbonate Granules ato bisa dibilang calon bentuk fisik dari Blue-Ray. Polycarbonate Granules ini diantar ke pabrik melalui truk, lalu di simpan di sebuah Silo.. Silo adalah struktur untuk menyimpan bahan massal ๐Ÿ™‚

Selanjutnya.. Dibawah ini adalah ruang sterilisasi ๐Ÿ˜ฎ

Buat ngurangin kontaminasi, semua karyawan wajib melewati mesin itu yang bakal nyemprot mereka kayak jet ๐Ÿ˜€ Gunanya untuk menghilangkan debu-debu statis dari tubuh mereka.. Steril banget kan?

Polycarbonate Granules dari Silo lalu dialirkan ke alat ini. Kemudian dikeluarkan secara bertahap dan sesuai takaran, untuk lanjut ke proses selanjutnya ๐Ÿ™‚

Ini adalah Mesin Gencet. Bahan-bahan kimia yang tadi dimasukkan ke mesin ini terus digencet deh, sehingga menjadi bentuk disc dan membuat 1st layer dari data. Disc bakal diambil ama tangan robot..Jadi bukan dikerjain ama manusia ๐Ÿ˜‰

Disc-disc tadi kemudian di lapisi ama lapisan-lapisan silver yangg udah di โ€œvaporisedโ€ (menguap). Lapisan itu tebalnya cuma 90 angstorms (Angstorms = 1/100 juta cm), dan proses ini dinamakan Sputtering ๐Ÿ˜‰

Dari proses Sputtering tadi, disc-disc yang udah di โ€œsputteredโ€ tadi kemudian dikasih pelindung lapisan UV..ย  Ribet ya :/

Gambar diatas adalah proses sebelum ke 2nd layer..

Hard layer.. disc tadi terakhir dikasih pelindung UV lagi -_- yang merupakan lapisan pelindung terakhir. Sebelum akhirnya di cek oleh mesin ini, apakah ada gelembung-gelembung diantara layer atau tidak..

Final Stage-nya di cek secara runtime deh.. Scanning & PlayBack untuk data integrity dari tiap-tiap disc.. Supaya disc-nya bagus dan gak ngawur ๐Ÿ™‚

Setelah menjalani beberapa proses, disc-disc kesayangan kita ini pun akhirnya jadi! Saatnya di print ๐Ÿ˜€

Master plates, gambar-gambar artwork dari tiap disc yang bakal kita print di simpan deh di rak ini..

Seperti layaknya sebuah percetakan, mesin cetaknya terdiri dari 4 warna, yaitu Black, Cyan, Magenta, dan Yellow.. Terakhir gambar/tinta hasil printnya dikasih ultra-bright light.. Warna-warni deh..hihi

Disc yang udah selesai lalu dibawa kedalem barisan packing seperti iniโ€ฆ mereka di cocokan dengan cover, plastik case, dsb.. Bentar lagi discnya jadi!

Finally! Jadilah Blue-Ray game ato disc film yang kita kenal! ๐Ÿ˜€ Mesin ini bisa memproduksi package sebanyak 4500 BlueRay disc/jam loh…WOW!

Ini adalah salah satu gambar CD Blue Ray:

Diatas adalah cara-cara membuat CD Blue Ray ato Blue Ray Disc, Terima Kasih sudah membaca ๐Ÿ˜€

Advertisements

Mencangkok tanaman adalah salah satu cara teknik memperbanyak tanaman buah dalam pot, selain itu kualitas buahnya sama dengan induknya dan juga pohonnya tidak terlalu tinggi. Tanaman yang bisa dicangkok antara lain: Jambu, Jambu Air, Mangga, Sawo, Jeruk Nipis, dan banyak lagi ๐Ÿ˜‰

Berikut cara mencangkok Tanaman Buah Jambu Air :
Alat-alat yang digunakan:

1. Pisau yang tajam.
2. Serabut kelapa atau plastik.
3. Tali pengikat atau memakai tali rafia.
4. Paku untuk menusuk bagian bawah plastik.
5. Penampung air.
6. Campuran tanah subur : pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1.

Cara mencangkok:

1. Pilihlah cabang atau ranting yang tidak terlalu muda atau tua.

2. Kupas cabang tersebut hingga bersih sepanjang 4cm sampai 9cm.

3. Tutup dengan campuran pupuk kandang dan tanah kemudian bungkus dengan plastik atau serabut kelapa, ikat kedua ujungnya. Bila menggunakan plastik lubangi bagian bawah dengan menggunakan paku.

4. Siram tiap pagi & sore dan jaga kelembapan.

5. Setelah akarnya banyak, potong dari induknya, pisahkan dan Tanaman Buah Jambu Air tersebut bisa ditanam di tempat yang telah ditentukan.

Selamat Mencoba yaaa ๐Ÿ˜€

This Is Me

I’ve always been a kind of girl that hit my face

So afraid to tell the world what I’ve got to say

But I have this dream bright inside of me

I’m gonna let it show… It’s time to let you know, to let you know~

This is real, This is me

I’m exactly where I’m supposed to be now

Gonna let the light shine on me

Now I found who I am there’s no way to hold it in

No more hiding who I wanna be…

THIS IS ME ๐Ÿ™‚